Ingin Daftar ke Universitas dan Junior College di Jepang? Ini Persyaratannya❗️

7:33 PM

Guidebook dari JASSO

Di Waseda University
Akhir-akhir ini kelihatannya mahasiswa yang berminat untuk lanjut studi di Jepang semakin bertambah. Sebenarnya tak hanya lanjut studi, untuk pertukaran saja sudah sangat sering diadakan setiap tahunnya. Contohnya seperti di program studi Sastra Jepang UNPAD yang selalu mengirim perwakilan mahasiswa nya untuk studi di Tenri Daigaku, Rikkyo Daigaku, Fukuoka Daigaku dan sebagainya. Faktor utamanya bisa dari fasilitas pendidikan yang sangat memadai, tempat yang kondusif untuk mempelajari lingkungan internasional, atau tertarik dengan kemajuan Jepang. Meski biaya hidupnya tergolong mahal, tetap saja tak menyurutkan minat para calon ryugakusei (pelajar mahasiswa asing di Jepang).

Dan diantara para calon ryugakusei itu (mungkin pembaca juga termasuk hehe), tentu saja selalu timbul pertanyaan mengenai bagaimana cara mencari info tentang universitas, seperti syarat masuk, cara mendaftar, dan sebagainya. Nah, di sini saya akan berbagi informasi tentang itu semua, tapi baru untuk program sarjana dan junior college saja. Untuk program pascasarjana akan dijelaskan di tulisan selanjutnya.

Secara umum, berdasarkan info dari JASSO berikut ini adalah kualifikasi masuknya. Siap-siap dicatat ya :
  1. Telah menyelesaikan pendidikan selama 12 atau 11 tahun di negara asalnya
  2. Lulus pada ujian kesetaraan yang setara dengan pendidikan selama 12 atau 11 tahun di negara asal, dan berusia 18 atau 17 tahun
  3. Orang asing yang lulus sekolah di Jepang yang ditunjuk sebagai sekolah yang setara dnegan SMA di negara asal, dan berusia 18 atau 17 tahun
  4. Sudah berusia 18 atau 17 tahun dan memiliki kualifikasi masuk universitas di luar negeri seperti baccalaureat, abitur, baccalaureat internasional
  5. Sudah berusia 18 atau 17 tahun dan lulus pendidikan selama 12 atau 11 tahun di Sekolah Internasional yang bersertifikat badan evaluasi Internasional WASC (The Western Association of Schools and Colleges), CIS (Council of International Schools), ACSI (Association of Christian Schools International)
  6. Sudah berusia 18 atau 17 tahun dan sudah lulus ujian kualifikasi akademik yang setara dengan SMA di Jepang
  7. Sudah berusia 18 atau 17 tahun dan diakui berdasarkan pemeriksaan kualifikasi masuk universitas secara individu di universitas yang akan dituju dan memiliki kemampuan akademik setara SMA atau di atasnya
  8. Memiliki kualifikasi masuk universitas lebih dari keterangan di atas


Jadi inti dari syarat lanjut studi di Jepang adalah harus sudah menyelesaikan pendidikan wajib di negara asal, berusia 18 atau 17 tahun, dan memiliki kualifikasi masuk universitas di Jepang melalui ujian. Bagaimana kalau kita hanya mengenyam pendidikan kurang dari 12 atau 11 tahun itu? Kita harus mengikuti pendidikan persiapan masuk universitas dan atau mengikuti pelatihan yang diadakan lembaga berakreditasi. Maka dari itu, pastikan persyaratan itu sudah terpenuhi saat akan mendaftar ya.

Periode pendaftaran sekolah di Jepang bisa berbeda-beda tergantung sekolahnya. Untuk panduan pendaftarannya, bisa cek di website sekolah yang kita tuju dengan kata kunci “Application Guidebook for International Students” atau “Entrance Examination Guide”. Kalau tidak ada kata kunci itu? Berarti harus menanyakan langsung ke sekolah itu melalui surat.

Umumnya program diploma dan sarjana di Jepang menerapkan awal tahun ajaran di bulan April dan berakhir di bulan Maret. Jadi, semester pertamanya mulai dari April sampai September, dan semester keduanya dari Oktober sampai Maret. Tetapi ada juga universitas yang menerapkan sistem 3 semester. Lalu kapan liburnya? Biasanya ada 3 kali libur seperti musim panas (akhir Juli – awal September), musim dingin (akhir Desember – awal Januari), dan musim semi (Februari – Maret). Jadi kalau mau ada rencana pulang kampung, pilihnya antara bulan yang sudah disebutkan di atas ya, hehe.

Apakah ada program yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar? Jawabannya ada, katanya setiap tahun akan terus bertambah. Tapi tentu saja kebanyakan sekolah mensyaratkan kemampuan bahasa Jepang (JLPT) setara N1 atau N2. Cara untuk mencapai level tersebut? Kita harus ikut ujian JLPT di negara asal (biasanya diselenggarakan pada bulan Juli dan Desember, bisa cek di web http://www.jlpt.jp/e/) atau masuk Sekolah Bahasa Jepang di Jepang.

Selanjutnya, di sini ada pemaparan tentang syarat masuk universitas (umumnya 4 tahun) dan junior colleges (umumnya 2 tahun)

Dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar
  1. Formulir pendaftaran (khusus dari universitas)
  2. Ijazah kelulusan SMA
  3. Transkrip nilai SMA
  4. Surat rekomendasi dari kepala sekolah atau asosiasi guru
  5. Sertifikat kemampuan bahasa Jepang (JLPT) atau bahasa Inggris (TOEFL)

Ujian masuk
  1. Formulir pendaftaran (disediakan sekolah apabila ujian dapat diselenggarakan di luar Jepang)
  2. Ujian akademik oleh universitas bersangkutan
  3. Wawancara
  4. Menulis essay/paper
  5. Seleksi akademis lain yang sesuai
  6. Ujian EJU (apabila ujian dapat diselenggarakan di luar Jepang)
  7. Tes kemampuan bahasa Jepang (JLPT) (apabila ujian dapat diselenggarakan di luar Jepang)
  8. Ujian dari National Center for University Entrance Examination


Kualifikasi bagi lulusan

Universitas ☞ ( Berhak dapat gelar sarjana bila telah menyelesaikan program S1 umum atau fakultas farmasi 4 tahun (124 SKS atau lebih). Untuk fakultas kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, atau farmasi harus sudah menyelesaikan studi 6 tahun (kedokteran umum dan gigi 188 SKS atau lebih, kedokteran hewan 182 SKS atau lebih, farmasi 186 SKS atau lebih)

Junior Colleges ☞ ( Untuk program 2 tahun harus sudah menyelesaikan 62 SKS atau lebih, untuk program 3 tahun harus menyelesaikan 93 SKS atau lebih.

Rupanya cukup banyak yang harus disiapkan untuk lanjut studi di Jepang. Itu baru untuk sekolahnya saja, belum lagi persyaratan seperti visa dan dokumen lainnya. Jadi memang butuh kematangan dari segala aspek, baik secara akademis, mental, maupun dokumen yang disiapkan. Intinya kalau memang serius ingin ryugaku (studi di Jepang), selalu aktif untuk mencari informasi baik melalui internet maupun narasumber yang bisa dipercaya seperti guru sekolah atau kenalan yang sudah pernah studi di sana.

(Sumber informasi : Panduan belajar ke Jepang 2015 – 2016 JASSO)

Ingin informasi terbaru dan lebih lengkapnya? Bisa cek di Guidebook “Student Guide to Japan” di website JASSO http://www.jasso.go.jp/sp/en/study_j/sgtj.html.

Untuk pencarian program diploma, sarjana, dan pascasarjana bisa cek di http://www.jasso.go.jp/en/study_j/search/daigakukensaku.html dan http://www.jpss.jp/id/.

Meski sudah ada informasinya di website tersebut, tapi tentu saja kalau ingin mencari informasi yang lebih akurat harus ke website sekolah yang dituju.

Selanjutnya akan ada tulisan tentang universitas dan junior college rekomendasi beserta jurusannya. Jadi, ditunggu yaa.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images