Manual Tentang Wawancara Kerja di Jepang (日本の面接についてのマニュアル)

5:05 AM

Cover manual

19 Juli 2017

Apa yang tertulis pada tabel jadwal hari ini? Begitu gumamku pagi ini, dan seperti pagi biasanya di Northern Lights. Di sebelah kiri tertulis “Manual wawancara kerja”. Kira-kira apa maksudnya ya? Apakah aku diminta membuat manual atau melakukan sesuatu terhadap manual tersebut?

Seperti biasa setelah chourei beserta Indonesia-go Corner di dalamnya, tantousha memintaku melakukan sesuatu. Di sela-sela kesibukannya mengetik, ia berkata bahwa mulai hari ini aku akan membuat manual tentang wawancara kerja di Jepang. Saat aku bertanya formatnya, katanya harus dibuat dalam bentuk file Power Point dengan konten berbahasa Jepang dan Indonesia.

Harusnya aku tidak terlalu kaget dengan pekerjaan itu. Agenda bertajuk “manual” itu sudah tertulis di jadwal. Namun aku tetap merasa bingung. Bayangkan saja, kemampuan menulisku dalam bahasa Jepang sampai saat ini hanya diasah melalui laporan harian yang polanya sama dan terbilang sederhana. Untuk yang selain itu dan yang lebih kompleks sama sekali belum pernah. 

Tak biasanya aku merenung di depan komputer, ragu-ragu mengetik poin-poin untuk manual. Lebih tepatnya aku tak berani. Aku takut salah mengaplikasikan kosakata dalam suatu kalimat, apalagi untuk istilah-istilah khusus. Sekarang tantangannya adalah merangkai kosakata menjadi kalimat, merangkai kalimat menjadi paragraf, hingga akhirnya menjadi sebuah manual. Sebuah manual berupa buku berisi bahasan yang cukup banyak dan mendalam, tapi tak sedalam skripsi tentunya. 

Langkah pertama kumulai dengan browsing berbagai informasi umum tentang wawancara kerja. Manual ini katanya harus membahas tentang perbandingan antara wawancara di Indonesia dan Jepang. Selain browsing, untuk rancangan kasar manual itu aku sedikit melihat dari yang pernah dibuat oleh peserta magang sebelumnya. Meski yang kulihat itu sangat berbeda dengan yang akan kubuat (tentang arubaito di restoran), setidaknya aku terbantu saat menyusun kontennya.

Berikut adalah konten dari manual yang kubuat :
  1. Perbedaan mencari pekerjaan di Jepang dan Indonesia
  2. Alur wawancara dan poin penting yang harus disadari
  3. Poin penting dalam wawancara kerja
  4. Hal yang harus dibawa saat orang asing mengikuti wawancara
  5. Pertanyaan yang biasa muncul saat wawancara
  6. Penjelasan mengenai cara menulis CV
  7. Pakaian yang harus diperhatikan pada saat mencari pekerjaan
  8. Ringkasan
(Spoiler 1) Perbedaan mencari pekerjaan di Jepang dan Indonesia


Isinya sudah cukup lengkap, begitu kata kachou dan tantousha. Syukurlah, berarti aku tinggal mencari referensi dari internet. Selama beberapa hari, aku menjajal berbagai blog dan website tentang shuushoku katsudo (kegiatan melamar pekerjaan) yang berbahasa Jepang. Agak pusing memang, apalagi aku mencarinya saat lewat jam makan siang, terbayang betapa berat rasa kantuk yang kurasakan. Untuk info wawancara di Jepang cukup mudah mencarinya. Info yang sulit dicari itu tentang perbandingan dengan wawancara di Indonesia. Mau tidak mau aku lebih banyak mengandalkan informasi umum yang kutahu tentang hal tersebut.
(Spoiler 2) Cara mengisi CV Berbahasa Jepang

(Spoiler 3) Pertanyaan saat wawancara kerja

Oleh tantousha, aku diberi tahu tujuan membuat manual yang detail ini. Menurutnya, manual ini ditujukan untuk orang Indonesia terutama para siswa di tempat belajar bahasa Jepang. Siapa tahu di antara mereka ada yang sedang mencari info tentang wawancara kerja di Jepang. Kalau ada kesempatan, mungkin aku bisa mengajarkan mereka menggunakan manual itu. 

Ada beberapa kesulitan yang kurasakan selama membuat manual, seperti saat meringkas materi dan menulis tentang perbandingan. Selain itu, terkadang ada kesulitan ketika menerjemahkan opiniku ke dalam bahasa Jepang. Untunglah semua itu berhasil diatasi melalui beberapa kali revisi. Saat itu aku tak menyangka akan ada salah satu orang Indonesia di Northern Lights Osaka yang membantuku merevisinya melalui email dan telepon.

Pada akhirnya, manual benar-benar rampung pada tanggal 24 Juli. Untuk melihat manualnya bisa cek di sini. Semoga informasinya berguna.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images