Resolusi Tahun Ayam Api (#KampusFiksi 3rd Day)

6:38 PM


Wah, wah, hari ketiga menulis dalam challenge ini lagi-lagi tidak berbeda jauh dengan post-ku sebelumnya yang bertajuk “Operasi Hinomaru” (cek di http://kairistory96.blogspot.com/2016/12/operasi-hinomaru.html). Banyak yang berkomentar bahwa tulisanku itu sangat detail, apalagi bila dibandingkan dengan tulisan bertema resolusi tahun baru lainnya. Meski diminta untuk menulis tentang resolusi juga, tapi di sini aku akan mengekstraknya menjadi 5 poin saja agar lebih mudah dan cepat untuk dibaca.

Dan ini dia 5 hal yang kujadikan resolusi untuk tahun ayam api ini :

  • Pergi ke Negeri Sakura : Entah sudah berapa kali aku mengulang kalimat ini dalam tulisan maupun lisan. Bisa dibilang ini adalah resolusi utama di tahun 2017. Meski tidak secara terang-terangan mengumbar hal ini pada orang terdekat, tapi aku tetap melakukan upaya pasti agar dapat mencapainya. Ya, kini aku memang sedang berusaha mempersiapkan untuk seleksi magang di Jepang yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga bimbingan belajar di Bandung. Intinya, untuk usaha yang satu ini, talk less do more.


  • Menerbitkan novel perdana : Aku jadi teringat saat diminta untuk mempresentasikan cita-cita di masa depan saat kelas 1 SMA, aku sangat terobsesi untuk menjadi seorang penulis. Saat itu aku juga mengutarakan keinginanku untuk menyelesaikan novel perdana, meski sempat kandas. Lima tahun berlalu dari kejadian itu, aku kembali bangkit untuk mewujudkan impian itu meski dengan mengusung karya yang berbeda. Langkahku dirasa sudah cukup serius ketika sudah menentukan seseorang yang cukup trusted untuk menjadi penasihat project novelku.

  • Menerbitkan cerpen ke majalah : Yang satu ini sempat terpikirkan beberapa tahun silam, tapi masih kuanggap seringan bulu burung. Dengan kata lain, masih belum serius karena aku masih mencurahkan perhatian pada novel dan blog. Tapi ketika membuat resolusi awal tahun, aku mulai sadar bahwa menerbitkan cerpen itu perlu dilakukan sambil mengukur kualitas tulisan, dan juga menambah koneksi.

  • Buka Kelas Privat Bahasa Jepang : Dalam posting “Operasi Hinomaru”, resolusi ini kumasukkan untuk bulan Mei sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang libur semester. Sebenarnya resolusi ini muncul karena ada beberapa teman SMA-ku yang kelihatannya berminat ingin belajar bahasa Jepang secara serius. Walau penghasilannya tidak akan sebesar yang diharapkan, tapi apa yang salah dengan mengamalkan ilmu yang telah didapat?

  • Lulus tes beasiswa Monbukagakusho: Yosh, meski ditaruh di nomor terakhir, bukan berarti resolusi ini memiliki prioritas yang rendah. Resolusi ini bisa dibilang kuat, sama seperti yang telah dicantumkan di nomor pertama. Mengingat kegagalan yang dialami tahun sebelumnya, untuk tahun 2017 ini aku tak akan melepaskan kesempatan tes ini untuk kedua kalinya. Resolusi yang satu ini harus menjadi akhir yang manis untuk tahun ayam api.

You Might Also Like

2 comments

Like us on Facebook

Flickr Images