Sepatah Kata Untuk Sahabat

8:55 PM

13 Agustus 2017
H+1 hari spesial seseorang dan H-4 hari spesial Indonesia

Pukul 9 tadi, seperti biasa aku membuka Instagram untuk mengecek berbagai update dan pemberitahuan. Sebagai selingan, aku pun melihat story milik teman-teman di sana. Sesekali aku tersenyum melihat momen yang mereka abadikan selama beberapa detik itu. Hingga aku sampai pada story milik seseorang.

Oh ya, aku ingat kemarin siang sebelum aku mengajar murid level beginner, story miliknya sudah kubuka. Di sana ia sedikit curhat karena tak ada satupun yang menyadari hari spesialnya. Ya, setiap tahun tepatnya pada tanggal 12 Agustus adalah hari di mana usianya bertambah setahun. Dan tentu saja aku tahu apa yang sebenarnya dia inginkan, yakni ucapan.

Aku tersenyum simpul. Saat itu aku belum sempat memberi semacam kejutan kepadanya karena masih di tempat mengajar. Namun di sela-sela kesibukan mengajar, aku sedikit kilas balik pada momen ketika aku pertama kali mengenalnya.

Cerita kami dimulai sejak 9 tahun lalu, tepatnya ketika kami duduk di kelas yang sama di Sekolah Menengah Pertama. Aku tak ingat bagaimana awal mula kami menjadi sering mengobrol hingga bertukar nomor ponsel. Ah, aku jadi terkenang saat melakukan interaksi dengannya melalui SMS. Kalau tidak salah dulu kami sering mengobrol soal pop culture Jepang, entah itu anime atau lagu Jepang.

"Mba Citra, udah coba bikin Facebook belum?"

Satu hal yang aku tahu dari dia adalah, dia satu-satunya orang yang memanggilku dengan sebutan "Mba". Hingga kini pun aku masih belum tahu penyebab kemunculan panggilan itu.

Oh, ya, dari percakapan kecil tersebut, aku pun mengerti bahwa kawanku yang satu ini selain sangat supel, juga tak pernah ketinggalan update. Pada tahun di mana kami beralih menjadi anak remaja, popularitas Facebook memang sedang tinggi-tingginya. Banyak sekali anak remaja yang membuat akun di sana termasuk aku. Kelihatannya ia sudah tahu banyak tentang Facebook dan aku menjadi lebih sering diajak dia mengobrol tentang media sosial tersebut.

Singkat cerita, kami berhasil melewatkan masa-masa putih biru dengan hal-hal menyenangkan. Aku dan dia pun berpisah untuk melanjutkan ke SMA yang berbeda. Intensitas komunikasi kami semakin menurun karena kesibukan tugas maupun kegiatan sekolah yang menyita waktu. Kami hanya berkirim pesan melalui Facebook dan Twitter pada beberapa kali kesempatan saja.

Tahun 2015, ketika aku sedang dalam puncak-puncaknya menggandrungi festival kebudayaan Jepang, kawanku itu tiba-tiba menghubungi melalui media sosial.

"Mba Citra, mau dateng ke event Hotaru yang di ITB ngga?"

Ah, informasi baru mengenai dia. Ternyata ia menyukai event festival Jepang juga. Kukira ia hanya menyukai anime dan lagu Jepang saja. Lantas kujawab bahwa aku pun ingin ke sana. Sehari sebelum kami ke sana pun ia memintaku untuk membawa camera digital, powerbank, dan ponsel dengan baterai yang penuh. Aku tersenyum, ternyata ia masihlah menjadi penggemar dan pakar gadget sejak dulu.

Saat di event, kami bersama-sama mencari momen terbaik untuk berfoto. Baik bersama cosplay maupun orang Jepang yang tak sengaja kami temui. Tak hanya foto, kami juga menikmati berbagai penampilan band yang membawakan lagu Jepang. Sejak itulah kami menjadi sering bertemu untuk ke event bersama-sama.

Dan sekarang aku, sebagai kawan yang selalu curhat maupun dicurhati, yang selalu bersedia pergi ke event meski lebih banyak tidak bisa perginya, yang selalu bersedia mendengar cerita tentang gadget, social media, dan hal kekinian lainnya, merasa wajib untuk mengucapkan sepatah kata yang dibutuhkan seorang anak muda ketika bertemu hari spesialnya.

Baiklah. せーの

お誕生日おめでとうございます🎉🎂🎁🎉🎈. Di usiamu yang semakin dewasa. susunlah resolusi baru dalam hidupmu. Tetapi aku berharap agar kamu senantiasa menghadapi dunia dan segala rintangannya dengan semangat dan senyuman seperti halnya anak yang baru beranjak remaja. Seperti halnya kita saat bertemu di SMP dulu.

Dari aku, yang sengaja berpura-pura lupa tentang hari spesial sahabatnya.

Oh ya, ini ada sedikit karya iseng dariku untuk sahabat bernama Billy Amrulloh ini :

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images